Kamis, 16 Maret 2017

Seputar matahari dan kulit

Seputar matahari dan kulit

 Matahari berguna untuk mengeraskan tulang, tetapi kurang bersahabat bagi kulit, jadi pakailah sunscreen/sunblock yang ber SPF dan PA, di pakai 30 menit sebelum ke luar ruangan.
Matahari terdiri dari sinar UV(ultra violet) dan sinar uv terdiri dari UVA, UVB, dan UVC. Tetapi yang kita rasakan hanyalah UVA dan UVB sedangkan UVC sudah di serap oleh lapisan ozon sehingga tidak sampai ke bumi.
Bagi kalian yang takut terhadap sinar matahari makanlah ikan untuk pengerasan tulang kalian karena kurangnya terkena sinar uv tulang akan melunak.
Pilihlah uv protection yang sesuai dengan jenis kulit kalian.
Untuk kulit kering pilihlah yang berjenis cream, kulit berminyak pilihlah yang berjenis gel. Tetapi kalian harus membeli yang ber BPOM(badan pengawasan obat dan makanan), bagi kalian yang muslim pilihlah yang berlabel halal. Hati-hati lah terhadap sunblock/sunscreen karena teksturnya yang lengket dan berminyak di khawatirkan akan timbul jerawat.
Untuk kulit yang berwarna putih memiliki melanin yang sedikit sedangkan bagi kulit yang hitam memiliki banyak melanin. berbeda lagi untuk yang albino, mereka sama sekali tidak memiliki melanin sehingga kulit mereka sangat lah putih bagaikan susu dari ujung rambut hingga ujung kaki, mereka juga rentan terhadap  kanker kulit, jadi mereka sebisa mungkin jangan terkena sinar matahari karena kulitnya tidak memiliki perlindungan. Tetapi mereka bukan vampire lho ya .. hoohoo. 
Kulit yang putih pun jika sering terkena sinar uv akan memproduksi melanin lebih banyak sehingga secara perlahan akan agak sedikit menghitam kulitnya, lihat saja bagian kulit yang tertutup dengan bagian kulit yang terbuka, pasti beda kan warnanya, terkecuali yang perawatan dengan whitening ataupun lightening. Untuk albino tidak dapat memproduksi melanin, jika terkena sinar uv kulit akan kemerahan, yang kulit putih bukan albino saja dapat kemerahan, kanker kulit, dan (maaf) akan berujung kematian.
Jadi intinya syukuri apa yang telah di berikan oleh Tuhan dengan cara merawat dan menjaganya dengan baik sepenuh hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar